Thursday, October 25, 2018

Gus Yaqut Ketum GP Ansor Menghargai Mengenai Tuntutan Pembubaran Banser

Di internet mulai muncul tuntutan pembubaran Barisan Ansor Serbaguna atau disebut Banser. Dan Gerakan Pemuda Ansor yang merupakan induk dari Banser menghargai apa yang menjadi tuntutan itu.

Ketum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Ansor menghargai apapun aspirasi yang telah berkembang di masyarakat. Dipersilahkan.

Akan tetapi, beliau juga mempertanyakan keaslian dari tuntutan itu. Dan tuntutan pembubaran Banser muncul dari internet dalam bentuk tagar di platform twitter. Dan adapula dalam bentuk tuntutan di change.org.

Menurut Gus Yaqut, soal tagar, apakah ini semua mencerminkan suara dari masyarakat yang sebenarnya? Menurut beliau itu semua bisa organik namun juga bisa saja dilakukan robot (menggunakan banyak akun robot). Dan di change.org tentunya juga kurang lebih sama.


Gerakan Pemuda Ansor siap lahir batin menghadapi tuntutan tentang pembubaran Banser dengan penjelasan terkait mengenai peristiwa yang telah melatarbelakangi tuntutan itu, yaitu peristiwa pembakaran bendera HTI di Garut, pada hari Senin (22/10). Lagipula, untuk pembubaran sebuah organisasi harus melewati mekanisme formal yang sudah diatur oleh undang-undang yang berlaku.

Menurut Gus Yakut, pembubaran organisasi seperti halnya Banser, itu semua ada prosesnya. Dan Gus Yaqut akan hadapi itu, Ansor mempunyai fakta yang mampu menjelaskan duduk permasalahannya.

0 comments: